Kupas Tuntas Cara Menjadi Bintang (1) - Kembangkan Bakat



Salam Jumpa Sahabat Bintang, saya berharap Anda selalu sehat, semangat, sejahtera, dan senang hatinya. Salah satu cara menjadi bintang adalah dengan mengetahui dan menemukan bakat alami diri sendiri. Apakah Sahabat Bintang telah mengetahui dan menemukan bakat alami diri sendiri? Bagus, jika sudah menemukannya. Sungguh beruntung jika seseorang sudah mengetahui dan dapat mengembangkan bakat alaminya. Di luaran sana, masih banyak orang yang belum dapat mengetahui bakat alaminya.
Apakah bakat itu? Bakat adalah kemampuan yang dimiliki seseorang karena dapat membantu dan menghantar orang tersebut menjadi bintang. Bakat alami dapati sebut sebagai Intellegency. Menurut Prof. Dr. Howard Gardner, ahli psikologi dan pendidikan Amerika Serikat, dalam karya bukunya Frame of Mind, mengemukakan delapan jenis kecerdasan yang dapat dimiliki oleh seseorang. Kedelapan kecerdasan tersebut adalah 1) Inteligensi linguistik (linguistic intelligence, kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis), 2) Inteligensi matematis-logis (logical -mathematical intelligence, kemampuan yang berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika), 3) Inteligensi ruang (spatial intelligence, kemampuan unutk menangkap dunia ruang visual secara tepat dan juga mengenal bantuk dan benda secara tepat), 4) Inteligensi kinestetik-badani (bodily- kinesthetic intelligence, kemampuan untuk menggunakan tubuh dan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan), 5) Inteligensi musikal (musical intelligence, kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk-bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik), 6) Inteligensi interpersonal (interpersonal intelligence, kemampuan untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan, intense, motivasi, watak, temperamen orang lain), 7) Inteligensi intrapersonal (intrapersonal intelligence, kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri, kesadaran tinggi akan gagasan-gagasan), 8) Inteligensi lingkungan /naturalis (naturalist intelligence, kemampuan untuk mengerti flora dan fauna dengan baik,menikmati alam, mengenal flora dan fauna dengan baik). Bahkan di masa sekarang dikembangkan kecerdasan ke sembilan, yaitu 9) inteligensi eksistensial(existential intelligence, kemampuan yang berkaitan dengan kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia). Setiap manusia memiliki kecerdasaain tersebut, namun setidaknya ada satu atau lebih yang menonjol. Jika merujuk pada kecerdasan majemuk yang dikemukakan oleh Prof. Dr. Howard Gardner, Anda punya yang mana saja?     
Seperti pisau, jika tidak diasah maka suatu waktu akan tumpul. Bakat alami seseorang yang tidak digunakan maka tidak akan berkembang baik. Seperti seseorang yang menanam uang di dalam tanah, maka uang tersebut tidak akan bertambah. Namun jika seseorang mengasah dan menggunakan bakatnya, maka bakatnya itu akan berkembang dan menghasilkan hal baik. Dengan demikian orang tersebut semakin dekat untuk menjadi bintang.  

Bagaimana cara mengetahui bakat yang dimiliki diri sendiri atau anak? Setidaknya ada 15 cara untuk mengetahui bakat alami yang dimiliki, yaitu:

  1. Menemukan hal yang disukai. Hal apakah yang paling sahabat bintang sukai? Jika sahabat bintang sudah memiliki anak, perhatikanlah apa yang anak Anda sangat sukai, apakah menyanyi, menggambar, memasak, dan lain sebagainya.
  2. Cari Hal yang Bisa Dikerjakan. Hal yang bisa dikerjakan juga seringkali menjadi hal yang sesuai dengan bakat tanpa disadari oleh masing-masing individu.
  3. Tanyakan Nilai pada Orang Lain. Hal ini bermanfaat agar Sahabat Bintang tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mencari bakat alami diri sendiri. Orang lain terkadang lebih dapat melihat secara obyektif, apa yang menjadi bakat kita.
  4. Apa hal yang Sering Dibicarakan. Apa yang sering anda bicarakan merupakan ciri dari hal yang anda bisa atau anda sukai. 
  5. Amati Hobi. Seseorang yang mempunyai hobi, tentu akan mencurahkan banyak waktu untuk menghidupi hobi tersebut. Kegiatan hobi yang sering dilakukan tentu akan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.
  6. Cari Pengalaman. Mencari pengalaman bisa menjadi hal yang membantu anda dalam menemukan bakat yang dimiliki. Ketika suatu pengalaman menyenangka kita rasakan, tentu kita ingin mengulangnya kembali. Bisa saja, hal tersebut adalah bakat terpendam Anda.
  7. Ikuti Tes Bakat. Mengikuti tes bakat merupakan langkah praktis untuk mengetahui bakat seseorang, walau tak 100% berhasil.
  8. Cari Poin Plus Diri Anda. Untuk hal ini, diperlukan kepercayaan diri yang cukup tinggi untuk mengetahui nilai positif dan kepandaian yang Anda miliki. 
  9. Latih Hal yang Disukai. Bakat yang terpendam bila tidak dieksplorasi akan tetap menjadi bakat terpendam, ia tak akan bersinar apalagi menjadi bintang. Jadi, jika Sahabat Bintang sudah mengetahui bakat terpendam apa yang dimiliki, segera latih dan lakukan berulang kali.
  10. Ketahui Hal yang Dibenci. Bila Sahabat Bintang sudah menggetahui hal apa yang dibenci, berarti hal yang dibenci itu pastilah bukan bakat Anda. 
  11. Dengarkan Kritik. Contohnya, saya menyukai merajut, ternyata orang lain menyatakan bahwa saya lebih cocok memasak. Mendengarkan kritik orang lain dapat dijadikan langkah awal untuk mengetahui apa bakat seseorang.
  12. Bandingkan Dengan Orang Lain. Langkah ini dapat dijadikan sebagai motivasi untuk memperbaiki diri sendiri.
  13. Lihat Kemampuan Orang Lain. Hal ini juga bisa dijadikan motivasi untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Sekali lagi, kemampuan yang diasah seperti menajamkan pisau, semakin lama semakin tajam. 
  14. Sering Lakukan Hal Baru. Mencoba hal baru, bisa saja merupakan salah satu usaha menemukan bakat dalam diri kita. 
  15. Jangan Pernah Menyerah. Jadilah orang yang pantang menyerah, ketika jatuh segeralah bangkit. 
Setelah Sahabat Bintang mengetahui bakat alaminya, apa yang harus dilakukan? Betul sekali, cari cara untuk 1) meningkatkan kemampuan diri dengan cara mencari pelatih untuk mengasah bakat dan kemampuan diri, 2) lakukan terus menerus tanpa kenal lelah, dan 3) teruslah berlatih. Agnes Monica, menurut saya adalah salah satu contoh terbaik orang yang mampu dan konsisten mengembangkan bakatnya.



Salam Sukses Sahabat Bintang! Selalu bersemangat dan berpikir positif dalam menghadapi kehidupan ya. 

Sumber:
  • https://id.wikihow.com/Menjadi-Bintang, Cara Menjadi Bintang diakses Kamis, 4 Maret 2021
  • https://www.kompasiana.com/www.angelgirl.com/54f6e837a33311ea608b4c61/apakah-multiple-intelligence, Apakah Multiple Intelligence?, diakses Kamis, 4 Maret 2021
  • https://dosenpsikologi.com/cara-mengetahui-bakat-diri-sendiri, 15 Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri, diakses Kamis, 4 Maret 2021
Sumber Gambar
  • http://2.bp.blogspot.com/-WhzrKbhKmkM/T_aqCe_GJNI/AAAAAAAAAtI/FG285r0qXNg/s1600/Macam+Macam+Kecerdasan+Menurut+Howard+Gardner.jpg
  • https://media.tabloidbintang.com/files/thumb/agnez-mo_sen20180824_4.jpg/745

Related

pengembangan diri 7550073002413944137

Post a Comment

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Terbaru

Investasi

Trending

Arsip Berita

Tayangan

Tabs

item